Perbedaan Processor Tray dengan Processor Box

Jika Anda datang ke Toko Komputer terutama Toko Komputer Harco  ataupun Mangga Dua Mall, dan mencari sparepart bernama Processor, bisa dijamin toko akan menawarkan dua pilihan : "Mau yang tray, atau yang box  bos?". Bisa dijamin juga, Anda akan balik tanya: "Bedanya apa?" atau "Bagusan mana bos?". Satu sang pasti tidak akan Anda tanya adalah : "Mahalan mana bos?" (hehehe)
Processor (Tray + Fan )                             Processor ( box )

Untuk menjawab pertanyaan Anda dan pertanyaan banyak orang tentang perbedaan processor tray dengan processor box bahkan ada yang sampai googling berkali-kali tentang topik ini , saya akan coba share ke Anda beberapa hal yang saya tahu. Informasi ini saya dapat terutama dari bertanya (sambil bisik-bisik ...hehehe ) ke beberapa orang pegawai & mantan pegawai toko yang ada di harco mangga dua.

  • Secara umum dari sisi tampilan dan harga, yang Tray kemasannya transparan dan pastinya lebih murah. Membayangkan buat ongkos produksi (cetak) boxnya saja sudah kebayang puluhan ribu rupiah.
  • Sisi Garansi. Yang tray hanya dapat garansi toko, bukan garansi resmi dari Intel atau AMD. Garansi yang tray pun paling lama 1 tahun. Sedangkan yang box rata-rata sampai 3 tahun.
  • Asal Barang. Processor tray ada sebagian yang berasal dari bundling PC Built Up, Istilah kerennya OEM ( Original Equipment Manufacture). Nah sebagian lagi ada yang sayup-sayup juga bilang bahwa Processor Tray ini adalah berasal dari BM (black market). Masalah kebenarannya belum terkonfirmasi. 
  • Teknis Processor. Terkait masa garansi Processor Tray yang lebih singkat dibanding Processor box, ada selentingan yang bilang bahwa, ini karena yang Tray dijual dalam kondisi ter overclock (?). Secara pribadi penulis tidak yakin dengan argumen ini.  Logikanya, ngapain dioverclock wong belum dipasarkan? Yang lebih masuk akal adalah, ada kemungkinan yang tray ini adalah kondisinya refurbish. Pada saat produksi, setelah melewati quality control, ternyata ada yang gak lolos, nah yang gak lolos ini direpair (proses repair masih di pabriknya), lalu dirilis dengan kemasan tray.  
  • Pada akhirnya terserah Anda para pemirsa budiman. Intinya, ada harga, ada kualitas itu pasti kan? Cari yang hemat, ambil yang tray. Cari yang mantap, ambil yang box. Okeh?
  • Kalau bicara mana yang lebih laku, tentu saja yang Tray .... karena lebih ekonomis.....
Nah untuk harga processor bisa klik di menu atas, link kiri maupun kanan. Silakan
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment