Mengenal Lebih Jauh Software untuk Mengakses Internet

Hari ini siapa yang tak kenal internet? Rasanya hampir semua sudah mengenal internet, setidaknya melalui Social media semacam Facebook, Twitter dan semcamnya. Tapi tak semuanya tahu aplikasi atau software untuk mengakses Internet.  Menurut wikipedia, Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.


Beberapa Tipe Software untuk Mengakses Internet

Secara umum, Software untuk mengakses Internet disebut juga sebagai peramban web, yang dalam bahasa populernya sering disebut sebagai browser. Kalimat "kamu pakai browser apa?" sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari. Dan kalimat ini pula yang menunjukkan kepada kita bahwa memang terdapat banyak jenis Software untuk mengakses internet.

Terdapat begitu banyak aplikasi dan software peramban web saat ini. Beberapa yg terkenal antara lain : Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Microsoft Internet Explorer ( saat ini beralih nama ke Microsoft Edge ), Torch Browser, UC Browser, Flock Browser dan beberapa lainnya.

Di antara software peramban web tersebut, aplikasi favorit penulis adalah  Chrome, Firefox dan Opera. Semuanya dipakai secara bergantian.

Sejarah dan Asal muasal Software untuk Mengakses Internet

Menarik jika melihat riwayat lahirnya aplikasi peramban web ini. Lahirnya Software untuk mengakses internet ini tak terlepas dari pahit manis sejarah lahirnya internet itu sendiri.

Berikut kita sebutkan kronologis dan riwayat lahirnya beberapa Software untuk Mengakses Internet :

  1. WorldWideWeb (tanpa spasi)  yang dibuat oleh Tim Berners Lee pada Tahun 1983. Ini adalah benar-benar perintis software untuk mengakses internet pertama kalinya di dunia. Lahirnya software ini bersamaan dengan lahirnya HTML (HyperText Markup Language) yang diciptakan oleh Tim Berners Lee juga. Untuk tahu banyak apa itu HTML, bisa melihat ke sini.
  2. Netscape Navigator, dibuat pada tahun 1994 oleh Marc Andreessen, yang merupakan pengembangan dari peramban Mosaic yang dibuat setahun sebelumnya. Netscape Navigator inilah yang sempat membuat boomingnya internet di tahun 1990-an.
  3. Microsoft Internet Explorer, dibuat pada tahun 1995 oleh Microsoft Inc. Aplikasi peramban web MSIE ini sempat merajai sebagai software untuk mengakses internet terpopuler di era 90-an.
  4. Opera dirilis pada tahun 1996 oleh Opera Software. Peramban Web Opera ini lumayan populer juga, terutama setelah masuk ke dunia mobile dengan meluncurkan Opera Mini. 
  5. Mozilla , dibuat pada tahun 1998 dan merupakan produk inovasi dari Mozilla Foundation yang dibidani oleh Tim Netscape, di mana 4 tahun sebelumnya telah membuat Netscape Navigator. Mozilla Foundation ini memiliki misi menghasilkan software pengakses internet yang handal dan kompetitif dengan memakai perangkat lunak open source. Pada tahun 2011 Mozilla pun akhirnya berevolusi menjadi Firefox, dan hingga saat ini cukup populer dan bersaing dengan aplikasi peramban web ternama lainnya.
  6. Safari merilis versi beta pada Januari 2003. Hingga April 2011, Safari memiliki pangsa dominan untuk penjelajah web berbasis Apple, dan menguasai lebih dari 7% dari pasar penjelajah web dunia.
  7. Google Chrome, produksi dari Google Inc. Pertama kali dirilis medio September 2008, Chrome langsung populer dan semakin meningkat popularitasnya secara signifikan di mana dari awalnya cuma 8% di Tahun 2008 menjadi 16% di Agustus 2011. Kemajuan yang pesat ini seolah menggerus popularitas rivalnya, Internet Explorer yang mengalami kemerosotan dari hari ke hari. Pada medio Akhir 2011, Google Chrome melesat melampaui Internet Explorer 8 sebagai aplikasi pengakses intenet yang terpopuler. Lebih jauh tentang Chrome, tengok penjelasan di Wikipedia tentang Chrome ini.
  8. Microsoft Edge ( pengganti Microsoft Internet Explorer ). Sejak tahun 2015 berbarengan dengan rilisnya Windows 10, MSIE berevolusi menjadi Microsoft Edge. Microsoft Edge didesain untuk menjadi aplikasi browser yang ringan dengan arsitektur yang sesuai standar web, meniadakan teknologi lama seperti ActiveX, kompatibel dan mendukung dan bisa berkolaborasi dengan layanan-layanan Microsoft yang lain, sebagi contoh Digital Assistant Cortana, aplikasi OneDrive. Penjelasan lebih lanjut, silakan bisa dibaca di link Wikipedia yang ini.

Fungsi dan Cara kerja Software untuk Mengakses Internet

Fungsi Aplikasi /Software Pengakses Internet:

  1. Mengakses dan memperoleh informasi / data dari jejaring dan situs di World Wide Web.
  2. Berfungsi sebagai alat pencarian ( searching) informasi yang ada di Internet
  3. Untuk mengunduh file, data, program dari jejaring internet 
  4. Untuk mengunggah data dan program ke jejaring internet 
  5. Membantu proses pengiriman dan penerimaan data yang dilakukan oleh server FTP 
  6. Salah satu media untuk melakukan proses transaksi email ( kirim & terima) data
  7. Salah satu Media untuk chatting under web based
  8. Bisa untuk proses transaksi data newsgroup 
  9. Alat penunjang pemutar media ( Media Player )
  10. Alat penunjang untuk permainan online ( Game Player )
  11. Dan berbagai fungsi penunjang lain yang pasti akan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu

Cara kerja Aplikasi /Software Pengakses Internet :

Dalam sistem dan transaksi data antara web server dan pengakses data, software pengakses internet memiliki salah satu peran yang menyampaikan informasi dari server ke pengguna.


Tips memilih Software untuk Mengakses Internet Terbaik

Semua berpulang kepada Anda. Setiap aplikasi pengakses internet ini memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sesuaikan dengan kebutuhan, kebiasaan dan penggunaan Anda.
Untuk keperluan Akses Internet sehari-hari Anda bisa pakai Firefox atau Google Chrome.
Jika Anda memerlukan Peramban Web yang dilengkapi Speed Booster & Optimizer, Opera tampaknya lebih cocok.
Jika Anda pengguna Android, ketiga software di atas tersedia di PlayStore
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment